Wednesday, February 13, 2019

KTI : MENOPUASE

ABSTRAK


Nina Julita, Erma Mariam SST,MM, Ike Hesti Puspasari, SST.

Setiap wanita akan mengalami menopause dalam siklus kehidupannya. Perubahan yang mencolok dalam masa menopause terlihat pada perubahan fisik dan perubahan psikis. Sindrom pramenopause dialami oleh banyak wanita hampir di seluruh dunia. Sekitar 70-80% wanita Eropa, 60% di Amerika, 57% di Malaysia, 18% di Cinadan 10% di Jepang dan Indonesia mengalami sindrom menopause. Wanita Indonesia yang memasuki masa menopause pada tahun 2002 sebanyak 7,4% dari populasi.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pendidikan dan tingkat pengetahun ibu lanjut tentang perubahan fisik saat menopause.
Penelitian ini bersifat deskriptif peneliti menyajikan gambaran tingkat pendidikan dan tingkat pengetahuan ibu usia lanjut tentang perubahan fisik saat menopause, sampel sebanyak 93 ibu dan teknik pengambilan sampel total sampling, alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuisoner dan lembar checklist dengan mengunakan data primer.
Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat pendidikan dan tingkat pengetahuan ibu usia lanjut tentang perubahan fisik saat menopause di posyandu lansia wilayah kerja Pukesmas Margototo tingkat pendidikan terbanyak adalah dasar yaitu 65 ibu (69,6%) dan pada tingkat pengetahuan sebagian besar berpengetahuan cukup yaitu sebanyak 69 ibu (74,2%).
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu gambaran tingkat pendidikan dan tingkat pengetahuan ibu usia lanjut tentang perubahan fisik saat menopause di posyandu lansia wilayah kerja Puskesmas Margototo tahun 2016 berpendidikan dasar dan berpengetahuan cukup. Diharapkan ibu untuk dapat lebih memahami tentang menopause dan tanda gejala maupun keluhan perubahan fisik pada masa menopause dengan cara berkonsultasi dengan tenaga kesehatan serta mengikuti penyuluhan-penyuluhan dan dapat menambah wawasan tentang menopause melalui media cetak atau media elektronik.


Kata Kunci : Gambaran, Tingkat Pendidikan, Tingkat Pengetahuan, Perubahan Fisik, Menopause

No comments:

Tinggalkan Komentar Anda Terimakasih

Kumpulan Background Warna Merah

Kumpulan Background Warna Merah